Sunday, September 15, 2013

TUBERKULOSIS RESISTEN (KEBAL) OBAT: BAGAIMANA PENULARANNYA DAN SIAPA YANG BERISIKO TERTULAR

Pada tulisan terdahulu TUBERKULOSIS RESISTEN (KEBAL) OBAT: APA DAN BAGAIMANA TERJADINYA telah dijelaskan bahwa Mycobacterium tuberculosis (Mtb) dapat bermutasi dalam tubuh seorang penderita yang tidak melaksanakan pengobatan sesuai prosedur. Sakit penderita akan bertambah parah karena obat yang digunakan tidak lagi mempan.
 
Masalah yang lebih berat adalah Mtb yang kebal obat tersebut dapat ditularkan ke orang lain. Bila hal ini dibiarkan akan menjadi beban bagi kesehatan masyarakat.
 
 
BILA MDR/XDR-TB DAPAT DITULARKAN, BAGAIMANA CARA PENULARANNYA?
 
Sama dengan cara penularan TB pada umumnya. Dari seseorang (Penderita MDR/XDR-TB) ke orang lain melalui udara apabila penderita tersebut batuk, bersin, bicara di dekat kita. Antara MDR/XDR-TB dan DST (Drug Susceptible TB = TB yang tidak resisten obat) tidak ada beda baik cara penularan maupun kecepatan penularannya. Masalahnya bila yang masuk adalah Bakteri TB yang kebal obat, apabila tidak cepat diketahui, penyakitnya akan cepat memburuk.
 
Dengan demikian dapat ditegaskan bahwa terjadinya MDR/XDR-TB bisa melalui penularan (PRIMER) dari penderita TB Kebal Obat (MDR/XDR-TB), bisa pula tidak melalui penularan (SEKUNDER). Hal terakhir terjadi apabila Mycobacterium tuberculosis yang ada dalam tubuh kita bermutasi menjadi strain yang kebal obat akibat penderita tidak menggunakan obat secara betul.
 
Perlu menjadi perhatian bahwa penularan TB baik yang kebal obat (MDR/XDR-TB) maupun TB Aktif yang tidak kebal obat hanya melalui bakteri yang terlontar melalui batuk dsb dan dibawa udara. Bersalaman, makanan minuman, dll tidak menularkan TB (catatan: kecuali kalau waktu bersalaman berbarengan dengan batuk).
 
 
SIAPA YANG BERISIKO TERKENA MDR/XDR-TB?
 
Melihat cara terjadinya maka orang yang paling berisiko terkena MDR/XDR-TB antara lain orang-orang yang:
  • Menderita TB Aktif biasa (tidak kebal obat) yang tidak berobat secara teratur atau
  • Tidak menyelesaikan pengobatannya sesuai waktu yang ditentukan (6 bulan)
  • Pernah menderita TB pada masa lalu dan sembuh kemudian kambuh lagi (karena tertular)
  • Datang dari wilayah yang banyak penderita MDR/XDR-TB karena peluang terpapar Mtb lebih besar.
  • Kontak dekat cukup lama dengan penderita MDR/XDR-TB. Peluang tertular menjadi lebih besar dalam kondisi sosial-ekonomi yang tidak baik, misalnya: Hidup berdesak-desakan dalam rumah yang pengap, kurang ventilasi dan kurang cahaya matahari.
  • Orang dengan daya tahan tubuh yang lemah, misalnya: Orang dengan HIV AIDS.
DILANJUTKAN KE TUBERKULOSIS RESISTEN (KEBAL) OBAT: APAKAH DAPAT DICEGAH, DIOBATI DAN DISEMBUHKAN
 
RUJUKAN BACAAN
 
Core Curriculum on Tuberculosis: What the Clinician Should Know CDC, 2011

No comments:


Most Recent Post