Saturday, May 4, 2013

PENULARAN HIV DARI IBU KE ANAK (2): APAKAH PMTCT?

Pada posting Penularan HIV dari Ibu ke Anak (1): Apakah masalah? Telah dijelaskan bahwa penularan dari ibu (HIV positif) yang lebih dikenal dengan MTCT (Mother To Child Transmission) dapat terjadi selama kehamilan, persalinan dan menyusui. MTCT juga kita kenal dengan nama Transmisi Vertikal atau Transmisi Perinatal.
 
Bila tidak ada intervensi (atau upaya pencegahan) samasekali maka risiko seorang Ibu HIV positif melahirkan bayi HIV positif adalah 15-45 persen. Dengan intervensi yang efektif maka risiko ini dapat diturunkan sampai dibawah 5 persen.
 
Upaya pencegahan penularan dari Ibu HIV positif ke janin dalam kandungan dan bayi yang dilahirkan kita kenal dengan singkatan PMTCT (Prevention of mother-to-child HIV Transmission). Secara global disepakati bahwa pada tahun 2015 tidak ada lagi infeksi baru melalui MTCT. Guna mencapai hal tersebut perlu upaya keras seluruh bangsa di dunia.
 
 
PMTCT: SEBAGAI PELAYANAN PERORANGAN
 
PMTCT adalah terminologi umum untuk sebuah program pelayanan dan intervensi yang didesain untuk menurunkan risiko penularan dari Ibu HIV positif kepada bayinya. Secara umum program PMTCT meliputi 5 intervensi utama, yaitu:
 
·         HIV testing dan konseling mulai hamil sampai paska melahirkan
·         Pemberian ARV kepada ibu dan bayi yang dilahirkan
·         Persalinan yang aman
·         Pemberian makanan kepada bayi (infant feeding), konseling dan dukungan
·         Care, support dan treatment komprehensif kepada ibu dan keluarganya.

Intervensi pada pelayanan ini sama dengan pelayanan yang diberikan pada pelayanan komprehensif PMTCT di bawah
 
 
PMTCT: SEBAGAI PAKET PELAYANAN KOMPREHENSIF
 
PMTCT bukan sekedar program pelayanan individual. PMTCT adalah sebuah paket pelayanan kesehatan masyarakat secara komprehensif. Dengan demikian FOKUS PMTCT tidak hanya wanita (Ibu) dengan HIV positif tetapi juga suami (pasangan) yang HIV negatif atau status HIVnya tidak diketahui.
 
Guna mencapai apa yang diharapkan maka pendekatan komprehesif PMTCT ini dibagi dalam empat elemen (Bila kita menggunakan terminologi Unicef disebut empat Prong) yang merupakan kegiatan mulai dari hulu sampai hilir terkait dengan riwayat alami penyakit, sebagai berikut:
 
TABEL EMPAT ELEMEN (PRONG) PELAYANAN KOMPREHENSIF PMTCT




ELEMEN

SASARAN

KETERANGAN

1

Pencegahan primer infeksi HIV

Wanita usia reproduktif
Bila infeksi HIV dapat dicegah, jumlah wanita HIV positif akan berkurang, demikian pula jumlah bayi yang lahir dengan HIV positif

2

Pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan

Wanita HIV positif
Arah elemen ini adalah dukungan dan konseling kepada wanita HIV positif guna menentukan kontrasepsi jangka panjang untuk mencegah kehamilan yang tidak diharapkan

3

Pencegahan MTCT

Wanita (Ibu) HIV positif
Fokus elemen ini adalah:
-Testing dan konseling
-ARV Ibu dan bayi
-Persalinan aman
 -Infant Feeding

4

Care, Support dan Treatment (CST)
Wanita (Ibu) HIV positif dan keluarga (anak, suami)
(CST) untuk Ibu HIV positif dan keluarganya
 
 
PEMBAHASAN
 
Dari tabel di atas dapat kita lihat bahwa elemen 1 dan 2 adalah upaya di hulu yang paling cost-effective untuk mengurangi jumlah bayi yang terinfeksi HIV.
 
1.    Elemen 1 ditujukan kepada semua wanita (dan pria juga) untuk melakukan upaya-upaya pencegahan primer sehingga tidak tertular HIV. Kita sudah tahu cara penularan HIV dan dapat di baca pada posting HIV: Dimana berada dan bagaimana cara penularannya. Dengan demikian kita sudah tahu bagaimana caranya supaya tidak tertular HIV. Kalau kita (dalam hal ini mohon dibaca “wanita”) tidak tertular HIV tentu tidak akan melahirkan bayi HIV positif

 
2.    Elemen 2 ditujukan kepada wanita HIV positif. Konseling akan diberikan untuk menentukan sendiri status reproduksinya. Apakah mau ingin cepat punya anak dengan risiko lebih besar untuk melahirkan bayi HIV positif, atau menunda dulu sampai kondisi memungkinkan untuk hamil dan siap mengikuti prosedur yang ditetapkan pada elemen 3. Bila ingin menunda kehamilan, tentunya harus memikirkan untuk menggunakan metoda kontrasepsi (KB) jangka menengah atau panjang. Bila wanita dengan HIV positif menyiapkan diri sebaik-baiknya terlebih dahulu untuk hamil, maka peluang untuk melahirkan bayi dengan HIV negatif akan lebih besar

 
 
KESIMPULAN
 
Bila elemen 1 dan 2 dapat dilaksanakan dengan baik  secara menyeluruh di masyarakat, maka beban elemen 3 akan berkurang. Kurangnya beban bukan berarti kurangnya perhatian. Dengan pelayanan yang ada saat ini, Risiko penularan dari Ibu ke bayi sudah bisa ditekan sampai dibawah 5 %. Elemen 4 adalah bukti bahwa Pelayanan PMTCT benar-benar paripurna. Adanya bayi (apapun status HIVnya) terkait dengan tanggung-jawab laki-laki dan perempuan. Disitulah elemen 4 memberikan dukungan, pelayanan dan pengobatan kepada keluarga (suami dan anak) dari Ibu yang HIV Positif.
 
 

 
RUJUKAN BACAAN
 
Prevention of Mother-to-Child Transmission of HIV Generic Training Package,  WHO/CDC

No comments:


Most Recent Post