Wednesday, January 9, 2013

HIV DAN AIDS: CD4 COUNT dan VIRAL LOAD

Lanjutan dari HIV DAN AIDS: CD4 Count (Jumlah Sel CD4)
 
Pemeriksaan CD4 Count dan Viral Load merupakan dwi-tunggal dalam pemantauan hasil pengobatan dengan ARV. Yang pertama menghitung jumlah sel-sel kekebalan yang kita punyai dan yang kedua menghitung jumlah partikel (copy) virus yang ada. Bila yang satu tinggi, logikanya yang satu akan rendah, demikian pula sebaliknya.
 
 
VIRAL LOAD
 
Viral Load adalah jumlah partikel virus dalam 1 mm kubik darah. Semakin banyak jumlah partikel virus dalam darah berarti semakin besar kerusakan Sel CD4, makin rentan untuk terjadi infeksi oportunistik dan perjalanan dari HIV positif menjadi AIDS pun menjadi semakin cepat.

Sama halnya dengan jumlah Sel CD4, maka dengan menghitung besarnya Viral Load kita dapat:
 
1.    Memonitor perjalanan penyakit
2.    Menetapkan kapan memulai pengobatan dengan ARV
3.    Mengetahui efektifitas pengobatan

Pengobatan dengan ARV akan mengurangi reproduksi virus HIV, menurunkan Viral Load dan melindungi sistem imun tubuh.
 
 
ANGKA NORMAL DAN FLUKTUASI VIRAL LOAD
 

Berbeda dengan tes-tes laboratorium lainnya, maka Viral Load tidak mempunyai angka normal. Orang yang tidak terinfeksi HIV tidak akan ada Viral Load samasekali. Viral Load menunjukkan berapa partikel virus (disebut: copy) yang ada dalan 1 mm kubik darah kita. Tujuan pengobatan HIV/AID adalah menurunkan angka Viral Load serendah mungkin sampai pada tingkatan “tidak terdeteksi” yaitu pada kisaran 40-75 copy per sampel darah.
 
Viral Load berubah dari waktu ke waktu. Pada awal infeksi maka Viral Load bisa tinggi, mencapai jutaan. saat itu sistem imun masih mampu bereaksi dan mendorong kembali Viral Load sampai ke “set point”. Viral Load akan dipertahankan rendah sampai tiba saatnya kerusakan sel-sel CD4 semakin besar. Pada saat inilah terapi dengan ARV mulai diperlukan.
 
Pemeriksaan Viral Load dilakukan pada awal orang didiagnosa HIV positif guna memperoleh data awal, selanjutnya akan direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan setiap 3-6 bulan karena yang penting adalah mengetahui trend dari Viral Load (naik atau turun). Perlu dicatat bahwa Viral Load bukan untuk pemeriksaan sewaktu atau satu kali.
 
 
CD4 COUNT, VIRAL LOAD DAN PENULARAN HIV
 
CD4 Count bersama-sama Viral Load menghasilkan potret lengkap kondisi sistem imun kita dalam melawan virus HIV. Tujuan kita adalah mempertahankan CD4 Count setinggi mungkin dan Viral Load serendah-rendahnya (sampai tidak terdeteksi). Hasil pemeriksaan Viral Load akan meningkatkan keyakinan keberhasilan pengobatan.
 
Viral Load yang rendah akan “menurunkan risiko” penularan HIV melalui hubungan seksual. Walau demikian perlu diperhatikan bahwa Viral Load yang tidak terdeteksi bukanlah jaminan bahwa seorang HIV positif tidak akan menularkan virusnya ke orang lain. HIV bisa tetap ada di cairan sperma, cairan vagina maupun air susu ibu. Langkah-langkah pengamanan dengan proteksi tetap diperlukan, misalnya dengan menggunakan kondom secara konsisten dalam setiap hubungan seksual.
 
 
KESIMPULAN
 
Pemerikaan CD4 dan Viral Load memberikan informasi esensial perkembangan virus HIV dalam tubuh manusia. Sasaran pengobatan ARV adalah menghasilkan CD4 Count setinggi-tingginya dan Viral Load serendah-rendahnya (tidak terdeteksi).
 
Patokan pemberian ARV (www.aidsmap.com/) adalah:

CD4 COUNT
500-1200
Normal untuk orang yang tidak terinfeksi HIV
Di atas 350
Biasanya pemberian ARV belum direkomendasikan
Di bawah 350
Pemberian ARV mulai direkomendasikan
Di bawah 250
risiko infeksi oportunistik amat tinggi, ARV direkomendasikan
VIRAL LOAD
100.000-1 juta
Amat tinggi
Di bawah 100.000
Untuk ODHA yang tidak dalam pengobatan: rendah
Di bawah 50
Tidak terdeteksi: merupakan target pengobatan HIV dan AIDS


Dilanjutkan ke: Sel CD4 sasaran virus AIDS

 
TULISAN TERKAIT


Pengertian HIV dan AIDS
HIV dan Sistem Kekebalan Tubuh
HIV-AIDS: Sel CD4 dan Sistem Kekebalan Tubuh
HIV-AIDS: CD4 Count (Jumlah Sel CD4)
HIV-AIDS: CD4 Count dan Viral Load
HIV-AIDS: Sel CD4 Sasaran Virus HIV

Rujukan Bacaan:
http://aids.gov/hiv-aids-basics/just-diagnosed-with-hiv-aids/understand-your-test-results/viral-load/index.html

http://www.who.int/diagnostics_laboratory/faq/viral_load/en/index.html

No comments:


Most Recent Post