Tuesday, February 12, 2013

ORANG-ORANG YANG DISUKAI NYAMUK (1): MOSQUITO MAGNET


Faktanya memang demikian. Sering kejadian saat malam-malam kita duduk bersama beberapa teman di tempat terbuka, ada satu orang yang mengeluh diganggu nyamuk sementara yang lain tenang-tenang saja.
Rupanya ada orang-orang tertentu yang lebih dipilih nyamuk daripada orang yang lain. Ketika teman itu pergi, maka ada orang lain lagi yang dikejar-kejar nyamuk. Mengapa hal ini terjadi? Pasti ada sesuatu yang menjadi semacam “magnet” yang menarik datangnya nyamuk.
Sama saja halnya dalam sebuah resepsi pernikahan. Antrian di hidangan “kambing guling” umumnya paling panjang. Ada daya tarik khusus untuk kambing guling.
 
BAGAIMANA CARA NYAMUK MENDETEKSI KORBANNYA
Sebenarnya semua manusia punya peluang yang sama untuk digigit nyamuk. Hanya saja nyamuk butuh sesuatu yang dapat digunakan untuk mengenali korbannya, yaitu PANAS, BAU, dan GERAKAN sesuai alat “sensor” yang dimiliki nyamuk, yaitu sensor sensor panas, sensor kimia dan sensor gerakan. Radar nyamuk ternyata tidak kalah hebat dengan radar pesawat tempur canggih. Di bawah adalah beberapa kondisi yang memudahkan nyamuk menemukan mangsanya, yaitu manusia:
1. CARBON DIOKSIDA (CO2)
Zat asam arang ini produk hasil pernapasan. Kita menarik napas guna memperoleh zat oksigen (O2) dan waktu menghembuskan napas kita keluarkan CO2. Zat CO2 inilah yang menarik kedatangan nyamuk, walaupun tidak cukup kuat kalau tidak dibantu hal-hal yang lain.
2. ASAM LAKTAT
Manusia melepas asam laktat dari tubuhnya saat ia beraktivitas fisik melalui keringat, atau mengkonsumsi makanan tertentu. Keju, yoghurt, daging adalah sumber asam laktat. Asam laktat merupakan daya tarik dari nyamuk.
3. OCTENOL
Octenol dikeluarkan bersama-sama CO2 saat menghembuskan napas dan merupakan daya tarik bagi nyamuk. CO2, Asam laktat dan Octenol akan menuntun sensor kimia nyamuk menuju korbannya. Sensor kimia nyamuk amat tajam sehingga nyamuk dapat mendeteksi sasaran dalam jarak 100 kaki (+ 36 meter).
4. PANAS TUBUH
Sirkulasi darah pada manusia dan hewan bertulang belakang lainnya memancarkan panas. Melalui sensor panas bersama sensor kimia yang dimiliki, nyamuk dengan cepat dapat melokalisir sasarannya.
5. KELEMBABAN TUBUH
Keberadaan sedikit air sudah cukup untuk menarik kedatangan nyamuk. Kemungkinan hal ini terkait dengan instink untuk mengembangkan keturunan (nyamuk berkembang biak di air dan nyamuk butuh darah untuk produksi telurnya). Saat bernapas dan berkeringat, manusia akan mengeluarkan air. Hal ini juga menarik kedatangan nyamuk
6. GERAKAN
Nyamuk penglihatannya kurang tajam. Tetapi dalam jarak 10 kaki (+ 3,5 meter) nyamuk dapat menangkap dan mengikuti gerakan korbannya.
7. WARNA
Nyamuk lebih menyukai warna yang gelap sehingga orang yang berkulit lebih gelap atau orang yang berpakaian warna gelap lebih menarik bagi nyamuk dibandingkan warna kulit dan pakaian berwarna terang.
 
KESIMPULAN
Dalam kaitan dengan “bunyi” tidak ada frekwensi tertentu dari “bunyi” yang menarik kedatangan nyamuk. Demikian pula golongan darah tidak terkait dengan ketertarikan nyamuk pada manusia.
Nyamuk menggunakan semua sistem sensor untuk mendeteksi korbannya, tetapi satu sistem saja tidak akan efektif. harus ada keterpaduan antar sistem. dalam hal ketertarikanj nyamuk maka Kombinasi CO2, Oktenol dan asam laktat dikatakan amat menarik bagi nyamuk.
Kalau kita ibaratkan nyamuk adalah pesawat tempur musuh yang akan melakukan serangan udara di tempat tinggal kita, maka tiga cara yang sudah jelas- memang harus dilakukan supaya kita tidak diganggu nyamuk adalah:
1.    Menembak jatuh (membunuh dengan semprotan insektisida yang banyak dijual di pasaran, atau dengan menggunakan raket anti nyamuk)

2.    Menghancurkan sebelum nyamuk terbang dengan membom pabrik, hanggar dan landasan pacu (source reduction, intervensi pada breeding places dan resting places)

3.    Berlindung dalam lobang perlindungan (menggunakan kelambu)
Barangkali di masa depan perlu dipikirkan juga upaya ke empat, yatu bagaimana mengacaukan alat sensor nyamuk, sehingga nyamuk tidak tertarik atau kehilangan kemampuan untuk mengenali manusia.

Dilanjutkan ke: Orang-orang yang disukai nyamuk (2): Bisakah disikapi?

Rujukan bacaan:
http://www.allmosquitos.com/what-attracts-mosquitos/what-attracts-mosquitoes.html
http://www.chillibreeze.com/articles_various/mosquitoes.asp
http://www.webmd.com/allergies/features/are-you-mosquito-magnet

No comments:


Most Recent Post