Monday, November 12, 2012

PENGERTIAN HIV DAN AIDS

Kasus pertama AIDS di dunia ditemukan pada tahun 1981. Berarti sampai sekarang sudah lebih dari 30 tahun kita mengenal HIV dan AIDS. Hanya saja masih ada saja yang belum paham apa yang dimaksud dengan HIV dan AIDS. Masih kita dengar orang menyebut sakit HIV atau sakit AIDS padahal yang pertama adalah nama Virus dan yang kedua adalah suatu kondisi apabila virus tersebut masuk ke dalam tubuh kita. Barangkali lebih jelas sebutan dalam bahasa Inggris, yaitu PLWHA: People Living With HIV AIDS.
 
 
A. HIV (Human Immunodeficiency Virus)
 
Guna lebih mudah memahami pengertian HIV, kita breakdown  singkatan HIV seperti pada tabel 1 di bawah:
 
Tabel 1: Pengertian HIV
Dengan demikian pengertian HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah sejenis virus yang merusak sel-sel yang bertanggungjawab terhadap berfungsinya sistem pertahanan tubuh pada manusia. Rusaknya sistem pertahanan tubuh berakibat manusia menjadi amat rentan untuk tertular berbagai macam penyakit infeksi.
 
CATATAN

1.    Ada banyak macam virus. Penyakit Influenza juga disebabkan oleh virus Influenza, dengan satu perbedaan penting yaitu pada penyakit Influenza sistem kekebalan tubuh (karena tidak mengalami kerusakan) mampu mengatasinya. Tidak demikian halnya dengan virus HIV. Karena sistem kekebalan tubuh mengalami kerusakan, maka ia tidak mampu berbuat apa-apa. Bahkan organisme penyebab penyakit lain pun (disebut infeksi oportunistik) akan memanfaatkan peluang untuk masuk tanpa perlawanan.
 
2.    Virus HIV dapat bersembunyi cukup lama didalam sel tubuh manusia, yaitu T cell atau CD4 Cell yang bertanggungjawab sebagai pengendali pertahanan tubuh. Di situ virus HIV replikasi, mengcopy diri berkembang biak sekaligus merusak.

3.    Bila sel sel CD4 yang rusak cukup banyak, maka daya pertahanan tubuh akan semakin hilang dan manusia tidak lagi mampu melawan masuknya infeksi. Terjadilah kondisi yang disebut AIDS


 B. AIDS (Acquired Immunodeficiency Sindrome)
 
Guna lebih mudah memahami pengertian AIDS, kita breakdown singkatannya seperti dapat dibaca pada tabel 2 di bawah:
 
Tabel 2: Pengertian AIDS
 
Dengan demikian pengertian AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) adalah kumpulan gejala penyakit yang terjadi akibat rusaknya sistem kekebalan tubuh yang “didapat”
 
 
C. KAITAN ANTARA HIV DAN AIDS
 
HIV secara pelan tetapi pasti, merusak sistem kekebalan tubuh manusia sampai sistem tersebut tidak mampu lagi menjalankan fungsinya untuk melawan berbagai penyakit. Bila hal ini diabaikan, dalam waktu 10-15 tahun (bisa kurang bisa lebih bergantung kondisi tubuh manusia) akan terjadi AIDS. Ringkasnya: HIV menyebabkan AIDS
 
AIDS adalah tahap akhir dari infeksi oleh HIV. Pada tahap ini sistem kekebalan tubuh sudah sedemikian jeleknya sehingga risiko untuk kemasukan infeksi oportunistik misalnya tuberkulosis dan kanker tertentu menjadi amat besar.
 
Rujukan bacaan:

No comments:


Most Recent Post