Saturday, November 17, 2012

LAGU NINA BOBO DAN NYAMUK

Sebuah lagu yang amat akrab di telinga kita “nina bobo”. Terbayang seorang ibu menidurkan bayinya atau mungkin anak balitanya dalam buaian.
 
Liriknya pendek saja, dengan dua kata kunci BOBO dan NYAMUK. Lagu ini sudah ada sejak saya kecil, penciptanya tidak jelas siapa.
 
Kira-kira “lullaby song” ini asli Indonesia yang memang akrab dengan nyamuk.  Liriknya sampai sekarang tidak berubah, dapat dibaca pada gambar di bawah yang saya ambil dari mamalisa.com
 
 
Kalau dibandingkan dengan “lullaby song” lain dari negara lain, misalnya dari lirik lagu “Lullaby and good night” nya Johannes Brahm, ada kata-kata yang intinya: Ibu akan menjagamu sepanjang malam.
Sleepyhead, close your eyes. Mother's right here beside you. I'll protect you from harm, You will wake in my arms.
Lain lagi dengan orang Belanda. Dalam menidurkan anak, mereka malah berceritera tentang domba kaki putih yang minum susu
Slaap kindje slaap, daar buiten loopt een schaap. Een schaap met witte voetjes, die drinkt zijn melk zo zoetjes.
Mari kita dengarkan sekali lagi lagu “nina bobo” yang kebetulan dinyanyikan oleh orang Belanda. Orkestra ini tergabung dalam “Die Minnesanghers” dengan penyanyi sopran senior Claudia Patacca. Tayangan videonya diposting di situs Youtube sejak Januari 2011 dan sudah dikunjungi banyak orang. Kata-katanya tidak diubah.
 
Kesimpulannya kalau kita bicara tentang “lullaby song” dan yang diceriterakan adalah “Nyamuk” lebih banyak pastinya bahwa lagu ini Indonesia banget.
 
KRITIK DAN PEMBELAAN UNTUK NINA BOBO
Gambar: http://remicadedream.com/
Lagunya indah dan mendayu-dayu. Tetapi kalau kita bicara tentang pengendalian Malaria, terpaksa memberikan kritik. Seorang ahli pendidikan barangkali kritiknya lain. Nyuruh tidur saja kok ditakut-takuti pakai nyamuk segala. Saya yang bukan ahlinya di bidang itu, malah bisa memahami dari sudut pandang saya, bahwa kita perlu takut dengan nyamuk. Nyamuk adalah serangga penular penyakit.
Yang jadi masalah adalah kata-kata “kalau tidak tidur digigit nyamuk” karena justru pada saat tidur kita rawan digigit nyamuk. Apalagi kalau kita tinggal di daerah endemis malaria. Lalu adakah solusinya?
Kita ikuti saja apa kata Johannes Brahm di atas: Mother's right here beside you. I'll protect you from harm. Ibu ada disampingmu dan akan selalu menjagamu dari bahaya. Tentu salah satunya  adalah melindungi dari gigitan nyamuk. Sehingga yang dimaksud dengan kata “tidurlah tidur dalam buaian” dalam lagu nina bobo adalah “buaian yang berkelambu”. Pasti tidur nyaman dan  mimpi indah bersama Een schaap met witte voetjes yang susunya zo zoetjes itu. Kalau seperti ini, memang benar bahwa “kalau tidak bobo, atau masih main-main, maka  peluang digigit nyamuk akan lebih besar (IwMM)

No comments:


Most Recent Post